Daftar Isi :

  1. Pengenalan Struktur Data
  2. Pengenalan Struktur Data 2
  3. Pengenalan Struktur Data 3
  4. Pengenalan Struktur Data 4
  5. Pengenalan Struktur Data 5

 

Apa sih itu Struktur data? struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. Struktur Data Terdiri dari :

1. Struktur Data Sederhana
          Misalnya Array dan Record

 2. Struktur Data Majemuk
         Terdiri dari :
               a. Linier
                   Misalnya : Stack, Queue dan Linear Linked List.

               b. Non Linier
                   Misalnya : Pohon (Tree), Pohon Biner (Binary 
                   Tree), Pohon Cari Biner (Binary Search Tree), 
               General Tree serta Graph.

Untuk melakukan praktek mengenai struktur data bisa dapat diimplementasikan dengan pengenalan Bahasa C++ , Bahasa C++ merupakan Bahasa pemrograman komputer tingkat tinggi ( High Level Language ). Bahasa C++ merupakan pengembangan dari bahasa C yang ditambahkannya Konsep OOP. Pengembangan Bahasa C++ dilakukan oleh Bjarne Stoustrup Tahun 1980. Bahasa Pemrograman C++ ini dijalankan dalam Compiler.? Ada yang belum tahu mengenai Compiler?.

Kompiler adalah sebuah sebuah program komputer yang berfungsi untuk menterjemahkan kode komputer yang ditulis oleh programmer dalam suatu bahasa pemrograman tertentu menjadi bahasa yang dimengerti oleh mesin/komputer.

Pada Bahasa Pemrograman C++ memiliki Struktur Kode yang tersusun dari 5 bagian utama yaitu :

  1. Preprocessor Directive (Pengarah Kompilator)
  2. Declaration (Deklarasi)
  3. Definition (Definisi)
  4. Statement atau Expressions (Pernyataan atau Ekspresi)
  5. Comments (Komentar)

Berikut Contoh Gambaran Struktur Kodenya :

 

Pada Bahasa Pemrograman C++ tentunya ada Proses Input dan Output seperti layaknya bahasa pemrograman lainnya, Apa itu Input / Output dalam Pemrograman ? Input / Output adalah aktifitas pengguna dengan program pada komputer yang memungkinkan kita memberikan data kedalam program dan program itu juga dapat mengeluarkan data untuk pengguna.

Perintah dalam pemrograman bahasa C++ dalam Input adalah cin >>  sedangkan output adalah cout<<.

Pada Bahasa Pemrograman C++ juga mengenal namanya identifier. Identifier adalah identitas atau nama yang telah diberikan kepada function , variabel , objek ,class. Tentu pembuatan idenfitier ada aturannya yang meliputi :

  1. Identifier dapat terdiri dari satu atau beberapa karakter yang terdiri dari angka (0-9), huruf (A-Z, a-z), Simbol Dollar ($), garis bawah ( _ )
  2. Tidak boleh berawalan angka
  3. Case Sensitive: yang harus anda perhatikan di sini adalah membedakan Huruf besar dan huruf kecil
  4. Simbol lain yang tidak disebutkan di peraturan no 1, tidak bisa digunakan dalam pembuatan identifier. Seperti (-),(,),(.),(+),(\) dan lain-lain
  5. Tidak diperbolehkan menggunakan spasi
  6. Tidak bisa menggunakan nama yang sama dengan beberapa standar keyword pada C++, contoh: int, float, char, private, class, struct dan lain-lain.
  7. Panjang Identifier tidak dibatasi

Selain Identifier pada Bahasa pemrograman C++ terdapat Tipe Data yang meliputi :

 

Dalam banyak Pemrograman juga tidak terlepas dengan namanya variabel. Variabel adalah suatu tempat yang berfungsi untuk menyimpan nilai atau konstanta. nilai tersebut biasanya di dapat dari masukan pengguna, programmer, lingkungan, atau merupakan hasil dari proses program.

Setiap kali kita mendirikan variabel kita sebenarnya meminta memori pada CPU, lalu CPU akan memeriksa dan mencari alamat memori mana yang masih kosong dan dapat digunakan.

Untuk mendirikan ( mendekralasikan ) variabel kita membutuhkan sebuah tipe data yang berguna untuk mewakili bentuk nilai yang akan disimpan dan sebuah nama (identifier) sebagai pengenal.

Selain pada Identifier ada aturan juga dalam penulisan nama variabel dalam pemrograman yang meliputi :

  1. Terdiri dari huruf, angka dan karakter _
  2. Diawali dengan huruf atau _
  3. Case-Sensitive, huruf besar dan kecil dianggap berbeda walaupun dengan nama yang sama
  4. Tidak boleh menggunakan spasi
  5. Tidak boleh diawali angka atau operator aritmatika

Jika ada kasus yang ingin menyimpan nilai yang bersifat tetap maka diperlukan konstanta. Apa itu konstanta?

Konstanta adalah tetapan dari suatu nilai yang bersifat tetap. Nilai akan ditetapkan saat sebelum kompilasi program, data tersebut tidak akan bisa diubah sepanjang kode sumber program dan di saat program tersebut sedang berjalan (runtime). Dalam pemrograman C++ dalam mendekralasikan konstanta hampir sama seperti deklarasi variabel hanya perlu tambahan keyword berupa const pada awal deklarasi. Berikut pola mendeklarasikan konstanta dalam bahasa pemrograman C++ :

const dataType identitas = inisialisasi

Untuk dalam algoritma seleksi ( struktur keputusan ) , algoritma perulangan konsepnya hampir sama seperti pemrograman lain yang membedakan hanya penulisan pemrogramannya saja. Berikut contoh penulisan pemrograman bahasa C++ dalam algoritma seleksi  :

 

Gampang bukan? Dan berikut tambahan contoh penulisan pemrograman bahasa C++ dalam algoritma perulangan :

 

Demikian Pengenalan Struktur Data dalam Bahasa Pemrograman C++, Semoga bermanfaat

Referensi :

  1. Antony Pranata, Pemrograman Borland C++, Andi Offset, Yogyakarta
  2. Moh. Sjukani, Algoritma dan Struktur data dengan C, C++, dan Java, Mitra Wacana Media , 2005
  3. Walter Savitch , Problem Solving With C++: The Object of Programming, forth edition,  Addison  Wesley
  4. Lamhot  Sitorus  &  David  J.M.  Sembiring,  Konsep   dan  Implementasi  Struktur  Data dengan C++, Andi Offset, Yogyakarta
  5. Online Reading, www://cplusplus.com