Java - Algoritma dan Pemrograman

Algoritma adalah langkah yang diambil dalam menyelesaikan tugas. Langkah-langkah yang dimaksud adalah langkah-langkah yang harus diatur dengan login dan efisien untuk menyelesaikan tugas dengan benar dan efisien.

Algoritme juga dapat disebut kombinasi seni dan teknik. Karena algoritma diterapkan pada komputer yang penuh dengan alat dan metodologi selain itu algoritma ini penuh kreativitas dan imajinasi jenius.

Contohnya kasus seperti berikut:

Mencari total dua angka (Misalnya, dua angka ini masing-masing bernilai 5 dan 2).

Tentu saja proses penyelesaian masalah dari kasing dapat diselesaikan dengan menggunakan SEMPOA, atau bisa juga dengan Kalkulator, atau dengan menggunakan Komputer, atau menggunakan program yang ada di komputer sampel Ms.Excel atau juga dapat membuat Program Anda Sendiri.

Algoritma sering diterapkan dalam program. Program adalah kumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk menyelesaikan tugas. Dalam instruksi dalam program ini tertulis algoritma yang harus disusun secara logis dan dengan logika yang benar.

 Tetapi algoritma penulisan dalam suatu program harus ditulis dalam bahasa yang disebut bahasa pemrograman (Bahasa Pemrograman). Bahasa pemrograman saat ini banyak dan luas. Contoh Pascal, Basic, C, C ++, Java, PHP dan sebagainya.

Sebelum menulis algoritma dalam bahasa pemrograman, penulisan algoritma terdiri dari 3 tahap:

  1. Menulis dalam Bahasa Alam (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Manusia lainnya)
  2. Penulisan Menggunakan Flowchart
  3. Menulis Menggunakan Pseudo-Code

Metode penulisan memiliki setiap prosedur. Misalnya seperti berikut ini:

Algoritma untuk memilih jumlah terbesar dari 3 angka

Dari contoh-contoh ini untuk penyelesaian penulisan dalam bahasa alami, hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan angka pertama (A), angka kedua (B), angka ketiga (C)
  2. Setel sama dengan angka pertama
  3. Bandingkan maks dengan angka kedua
  4. Bagaimana jika angka kedua lebih besar dari max, atur max sama dengan angka kedua, Jika tidak atur max dengan bil pertama
  5. Perbandingan maks dengan angka ketiga
  6. Jika angka ketiga lebih besar dari max, atur max sama dengan angka ketiga
  7. Variabel maks berisi jumlah terbesar. Tunjukkan hasilnya

Sedangkan penyelesaian dalam penulisan Flowchart maka hasilnya seperti tampilan gambar diatas :

Sedangkan penyelesaian dalam penulisan pseudo – code seperti gambar diatas :

Dari 3 tahapan tesebut diselesaikan maka mempermudah dalam penulisan bahasa pemrograman. Tentu pada bahasa pemrograman ada proses yang diaman menterjemahkan instruksi – intruksi yang ditulis ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. Kumpulan instruksi – instruksi dalam suatu bahasa disebut syntax. Apabila penulisan syntax ada yang keliru maka itu bisa disebut dengan syntax errors, maka program tidak dapat dijalankan.

Dalam Bahasa Pemrograman terdapat juga tingkatan / level nya yaitu :

  1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ( High Level Language )
  2. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah ( Middle Level Langguage )
  3. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah ( Low Level Langguage )

Bahasa Pemrograman Tingkat tinggi yang dimaksud adalah bahasa Pemrograman yang lebih mudah dipahami / dimengerti  dan diterapkan dalam pembuatan program ( mendekati logika bahasa manusia )

Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah yang dimaksud bahasa pemorgraman yang mudah dimengerti dan mempunyai akses memori secara langsung.  Jadi ada unsur bahasa pemrograman tingkat tinggi namun ada juga unsur bahasa pemrograman tingkat rendah

Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah yang dimaksud bahasa pemrograman yang susah dimengerti , susah diterapkan dan terkesan kuno.

Dari Syntax yang dibuat berdasarkan tingkatannya tersebut harus diterjemahkan dahulu menjadi bahasa mesin dengan suatu penterjemah yaitu Compiler dan Interpreter.

Compiler dan Interpreter merupakan alat penterjemah dari bahasa program menjadi sebuah bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer. Tentu ada perbedaan Konsep Compiler dan Interpreter yaitu sebagai gambar diatas

 

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta

 

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

  • Java - Algoritma dan Pemrograman

    02 January 2019

    Algoritma menurut Daisma merupakan suatu langkah - langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu tugas dengan tersusun secara logis dan efisien dengan benar

  • Java - Flowchart ( Diagram Alir ) dan Pseudo Code

    09 January 2019

    Diagram Alir ( Flowchart ) adalah simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah pernyataan logika pemrograman serta aliran logika yang ditunjukkan dengan arah panah / Simbol – Simborl Ruang. Fungsi Diagram alir untuk menggambarkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah / suatu algoritma.

  • Java - Class Driver dan Class Objek

    16 January 2019

    Class Driver dan Class Objek memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum membahas mengenai class Driver dan Class Objek tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu class. Class merupakan salah satu konsep dari pemrograman beroientasi objek

  • Java - Tipe Data dan Variabel

    23 January 2019

    Apa itu tipe data dalam pemrograman?? Tipe Data merupakan jenis Data dari sebuah variabel yang dapat menentukan nilai data dari variabel tertentu dan operasi yang dapat dilakukan.

  • Java - Operator Dan String

    30 January 2019

    Operator dalam Pemrograman digunakan untuk melakukan pengolahan data yang melibatkan konstanta atau variabel yang telah ditentukan.

  • Java - Algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan )

    06 February 2019

    Dalam Pemrograman kita harus tahu mengenai algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan ). Struktur keputusan adalah struktu algoritma yang memungkinkan melakukan statement ( pernyataan ) jika suatu kondisi terpenuhi. Jadi Struktur keputusan akan dieksekusi jika memenuhi suatu kondisi.

  • Java - Algoritma Perulangan

    13 February 2019

    Algoritma perulangan merupakan sebuah algoritma yang digunakan ketika ada statement yang harus dikerjakan sampai beberapa kali / bersifat berulang.

  • Java - Array

    20 February 2019

    Array adalah suatu struktur data yang terdiri dari sekumpulan data dimana data-data tersebut mempunyai tipe data yang sama.

  • Java - Error Handling

    27 February 2019

    Bagaimana cara menangani Error dalam pemrograman? Tentu harus mengetahui terlebih dahulu tipe – tipe error dalam pemrograman.

Kategori Artikel

Follow Us :