Prosedur dan Argument Pada Alice 3

Apa itu Procedurs dan Argument pada Alice 3?. Prosedur adalah bagian dari kode program yang menentukan bagaimana objek seharusnya menjalankan tugas. Sedangkan argument adalah nilai yang digunakan prosedur untuk menyelesaikan tugasnya. Adapun hal – hal yang dibahas mengenai procedure dan arguemnts yaitu :

  1. Menambahkan procedures pemrograman Java ke Code Editors
  2. Menggunakan Procedures untuk menggerakkan objek
  3. Demonstrasi perubahan nilai di procedures
  4. Membuat Arguments di Pemrograman
  5. Menyusun , edit , hapus , copy pas dan disable statement pemrograman
  6. Melakukan Debug Animasi

Untuk Menggunakan Prosedur pada Aplikasi Alice 3 ada pada Method Panel. Method Panel dapat dilihat pada saat mode Code Editor. Method Panel berisi 2 dua tab yaitu Prosedur dan fungsi  berikut tampilan Method Panel :

Pada Alice 3 Setiap Class memiliki prosedur. Salah satunya contoh object alice yang dimana pada tab prosedur akan menampilkan prosedur default pada object yang dipilihnya.

Sedangkan Functions merupakan sebuah fungsi yang terdapat komponen – komponen terkait behaviour ( perilaku ) pada objek. Berikut tampilan Tab Functions pada Method Panel :

Untuk menggunakan Prosedur atau functions memerlukan sebuat tempat yang ada pada Tab Code Editor yang berfungsi sebagai tempat untuk membuat dan menempatkan instruksi pemrograman, pada Alice 3 secara default menyediakan tempat tersebut dengan nama myFirst Method dan dengan statement do In Order. Berikut tampilan myFirstMethod :

Pada Pemrograman Berorientasi Objek khususnya pada aplikasi Alice 3 anda harus mengetahui aturan pergerakan objek. Pergerak objek dapat digerakkan ke enam arah yaitu :

  1. Up
  2. Down
  3. Forward
  4. Backward
  5. Right
  6. Left

Adapun Prosedur pada Pergerakan Objek pada Alice 3 yang dibuat penjelasannya dalam tabel seperti berikut :

Prosedur memiliki fungsi berbeda dalam penggunaannya dalam setup scene.  Prosedur Pada Scene Editor dalam proses instruksinya sama dengan pada Code Editor namun prosedur pada Scene Editor hanya dijalankan sekali untuk mengatur objek, sedangkan pada code Editor akan jalan ketika di Run.

Berikut cara memberikan prosedur melalui Scene Editor :

Untuk penambahan prosedur pada Code Editor cukup dengan Drag and Drop Prosedur yang diinginkan ke myFirst Method seperti tampilan berikut :

Mudah Bukan mengenai Penggunaan Prosedur dalam aplikasi Alice 3. Setelah memahami prosedur adapun yang namanya argument. Argument adalah nilai yang digunakan prosedur untuk menyelesaikan tugasnya. Pada Aplikasi Alice 3 dengan menggunakan argument maka secara tidak langsung program memberi tahu cara mengimplementasikan prosedur. Jenis argument biasanya meliputi :

  1. Objek
  2. Direction ( arah )
  3. Direction Amount ( Jumlah Arah )
  4. Time Duration ( Durasi Waktu )
  5. Text

Pada Pemberian argument secara langsung Program Alice 3 akan menawarkan nilai argument secara default untuk Anda pilih. Jika tida ada nilai yang tertera pada default yang ditawarkan. Anda dapat menggunakan menu khusus contohnya CustomDecimalNumber untuk menentukan nilai khusus yang diinginkan. Berikut tampilan mengenai nilai argument :

Pada Aplikasi Alice 3 khususnya pada myfirstMethod anda dapat juga mengatur urutan prosedurnya dengan cara mengklik prosedur yang mau digeser sesuai urutan yang diinginkan. Biasanya akan tampil baris indikator posisi berwarna hijau yang berguna membantu mensejajarkan posisi yang diinginkan. Adapun tampilannya seperti berikut :

Untuk mengganti instruksi prosedur yang sudah ditambahkan di myfirstMethod anda cukum mengklik instruksinya kemudian mengganti sesuai keiinginan. Berikut cara mengganti atau mengedit sebuah prosedur :

Apabila anda salah dalam menambahkan sebuah prosedur atau argumen, Aplikasi Alice 3 memiliki fitur Hapus dengan cara mengklik kanan prosedur atau argument yang ingin dihapus, kemudian pilih delete untuk menghapus prosedur atau Remove Argument untuk menghapus argument seperti tampilan berikut :

Jika Sudah menambahkan Prosedur dan argument anda dapat melakukan debugging dan pengujian pada Alice 3 .

Debugging dan Pengujian dimaksud adalah proses menjalankan animasi satu kali dan menyesuaikan statement control , prosedur dan argumen seteleh setiap kali di run. Berikut contoh tampilan Debugging dan Pengujiannya :

Apabila ada ketidaksesuaian pada instruksi, Di Aplikasi Alice 3 memiliki fitur melakukan Nonaktif Statement Pemrograman. Fitur ini berguna untuk membantu perbaikan pada pemrograman , pengujian dan debugging instruksi tertentu.  Cara menonaktifkan Statement Program seperti berikut :

Dan Untuk mengaktifkan kembali Statement Pemrograman cukup dengan cara berikut :

Dan Fitur lainnya yaitu Commentar. Dengan Menyertakan Komentar dalam pemrograman akan membantu pembuat memahami alur pemrograman. Adapun cara penambahan komentar pada Alice 3 seperti berikut :

Demikian Pembahasan mengenai Procedure dan Argument pada Aplikasi Alice 3 ( Pemrograman Berorientasi Objek ). Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta.

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

  • Pemrograman Berorientasi Objek ( PBO )

    12 March 2019

    Pemrograman Berorientasi Objek ( PBO ) merupakan suatu pendekatan pemrograman yang menggunakan objek dan class.

  • Add And Positioning Object

    10 April 2019

    Pada Pemrograman Berorientasi Objek khususnya pada pemrograman Alice kita akan mempelajari Penambahan dan memposisikan suatu object ( Add and Positioning Object ). Disini Daisma akan membahas mengenai proses menambahkan objek , mengedit properti objek , mengatur posisi dengan sumbu tiga dimensi dan juga mengatur posisi sub bagian objek.

  • Prosedur dan Argument Pada Alice 3

    22 May 2019

    Apa itu Procedurs dan Argument pada Alice 3?. Prosedur adalah bagian dari kode program yang menentukan bagaimana objek seharusnya menjalankan tugas. Sedangkan argument adalah nilai yang digunakan prosedur untuk menyelesaikan tugasnya. Adapun hal – hal yang dibahas mengenai procedure dan arguemnts yaitu : Menambahkan procedures pemrograman Java ke Code Editors , Menggunakan Procedures untuk menggerakkan objek, Demonstrasi perubahan nilai di procedures , Membuat Arguments di Pemrograman, Menyusun , edit , hapus , copy pas dan disable statement pemrograman,Melakukan Debug Animasi

  • Pentingnya Rotation dan Randomization pada Alice 3

    15 September 2019

    Pada Aplikasi Alice 3 memiliki Fitur Rotasi dan Randomization pada sebuah objek. Apa itu Rotasi pada Alice 3? Rotasi adalah perputaran suatu objek di suatu sumbu yang tetap. Rotasi dapat diterapkan ke seluruh Objek atau pilih sub bagian Objek.

Kategori Artikel

Follow Us :