Belajar Fungsi Prosedur dan Pointer pada Pemrograman

Fungsi adalah sebuah Struktur, kelompok pernyataan  / statement yang dieksekusi oleh program ketika dipanggil dan mengembalikan/mengirimkan sebuah nilai.

Fungsi biasanya memiliki return value dan parameter. Parameternya pun bisa dibuat sesuai kebutuhan dan keiinginan si pembuat.

Kecuali fungsi utama int main() merupakan fungsi yang secara default sudah dikenali pada Bahasa C++ sebagai fungsi yang pasti akan dieksekusi utama. Adapun Bentuk umum sebuah fungsi seperti gambar berikut :

Sebagai contoh ada Studi kasus membuat sebuah pemrograman dengan bahasa C++ yang menghitung volume balok dengan nilai yang berbeda – beda tetapi hasilnya ditampilkan secara bersamaan.

Maka pemecahan masalahnya yaitu dengan membuat fungsi dengan nama volume_balok yang memiliki return value berupa int. Untuk menentukan jumlah parameter yang digunakan bisa dianalisa mengenai kasusnya.

Untuk volume balok pasti nilai yang berubah – ubah adalah panjang , lebar dan tinggi, maka itu bisa dijadikan acuan sebagai parameter. Untuk Source code dalam bahasa C++ seperti tampilan berikut :

Selain Fungsi ada istilah lain yang disebut prosedur. Prosedur adalah modul program yang dibuat terpisah untuk melaksanakan sebagian dari tugas yang harus diselesaikan oleh suatu program.

Biasanya Prosedur mempunyai kegunaan yang sama dengan fungsi namun yang membedakan adalah pada prosedur tidak ada proses pengembalian nilai dan juga tidak adanya penerimaan input atau bisa disebut parameter.

Prosedur juga biasaya menggunakan tipe data Void yang berarti tidak ada proses pengembalian nilai. Jika dicontohkan dalah sebuah source code bahasa C++ mengenai prosedur seperti berikut :

pemanggilan prosedur pada bahasa C++ tidak bisa langsung ditampilkan outputnya dengan menggunakan cout karena prosedur tidak memiliki return value, sedangkan utk Fungsi diperbolehkan. Jadi paham kan mengenai perbedaan prosedur dan fungsi?

Pembahasan selanjutnya mengenai Pointer. Pointer dalam bahasa C++ adalah sebuah variabel penunjuk yang menunjukkan ke alamat memori tempat variabel disimpan. Dengan pointer anda memungkinkan untuk :

  1. Menunjuk memori
  2. Mendapatkan isi memori
  3. Mengubah isi memori

Dalam penggunaan Pointer tentu anda harus mengetahui Operator pada Pointer. Operator & pada pointer disebut dengan Address of Operator. Address of Operator ini berfungsi untuk mendapatkan atau melihat alamat memori. Sebagai contoh :

&nama_variabel maka yang akan tampil adalah alamat memori dari nama_variabel.

Pada Pointer juga memiliki Dereference Operator yang berfungsi mendapatkan isi / nilai dari sebuah alamat memori.

Adapun Penulisan Pointer dalam bahasa C++  yaitu dalam bentuk seperti berikut :

Tipe_data *identitas atau tipe_data *identitas =&variabel

 

Apabila pada Source Code pada Bahasa Pemrograman C++ seperti gambar berikut :

Demikian Pengenalan Struktur Data dalam Bahasa Pemrograman C++, Semoga bermanfaat

Referensi :

  1. Antony Pranata, Pemrograman Borland C++, Andi Offset, Yogyakarta
  2. Moh. Sjukani, Algoritma dan Struktur data dengan C, C++, dan Java, Mitra Wacana Media , 2005
  3. Walter Savitch , Problem Solving With C++: The Object of Programming, forth edition,  Addison  Wesley
  4. Lamhot  Sitorus  &  David  J.M.  Sembiring,  Konsep   dan  Implementasi  Struktur  Data dengan C++, Andi Offset, Yogyakarta
  5. Online Reading, www://cplusplus.com

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

Kategori Artikel

Follow Us :