Operasi pada Bilangan Biner merupakan sebuah operasi yang hampir sama seperti perhitungan aritmatika yang dilakukan seperti :

  1. Penjumlahan
  2. Pengurangan
  3. Perkalian
  4. Pembagian

Operasi Penjumlahan, penjumlahan dapat dilakukan dengan aritmatika biasa atau logika boolean ( fungsi Exclusive OR dan AND ). Pada aturan dasar penjumlahan bilangan biner seperti berikut :

Dengan aturan tersebut menjelaskan bahwa penjumlahan dengan aritmatika dilakukan seperti penjumlahan pada desimal, jika ada carry maka angka ini ditambahkan dengan angka sebelah kirinya.

Untuk pengurangan juga dilakukan percis untuk operasinya.  Berikut salah satu contoh Penjumlahan dalam bentuk bilangan desimal dan bilangan biner :

Apabila Operasi bilangan dibuat dalam bentuk tabel maka cara mengoperasikannya sebagai berikut :

Untuk Operasi Pengurangan tentu juga memiliki aturan dasar dalam pengurangan biner seperti berikut :

Berikut contoh Operasi Pengurangan bilangan Biner seperti berikut :

Dari Ketiga Contoh diatas jika bilangan yang dikurangi lebih kecil dari bilangan yang mengurangi, maka bilangan yang dikurangi akan meminjam angka didepannya.

 

Selanjutnya Untuk Operasi Bilangan dalam Perkalian dalam bentuk tabel seperti berikut :

Sedangkan untuk perkalian basis 2 dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

    1. Perkalian aritmatika biasa
    2. Menggunakan logika boolean

perkalian dengan cara aritmatika diatas seperti pada perkalian desimal.  Yang dimana hasil perkalian diletakkan sesuai posisi pengali. Berikut contoh Operasi perkalian bilangan biner :

Begitu dengan pembagian sebuah bilangan Biner. Operasi pembagiannya hampir mirip seperti bilangan desimal, namun pada bilangan biner tetap menggunakan  logika boolean. Berikut contoh operasi pembagian bilangan biner :

Adapun Operasi Pecahan pada sebuah bilangan biner. Operasi pecahan yang dimaksud adalah operasi yang dibelakang koma. Sebagai contoh :

Jika ada Sebuah bilangan biner yang memilki bilangan bulat dan bilangan pecahan maka itu disebut operasi bilangan campuran. Untuk Operasi bilangan campuran dilakukan secara terpisah sebagai contoh berikut :

Demikian pembahasan mengenai operasi bilangan biner dalam pengantar Sistem Digital, Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Tocci, Ronald J., Digital System : Principles and Applications, 7/ed, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1991
  2. M. Morris Mano, Digital Design, Prentice – Hall
  3. Sumarna, Elektronika Digital : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006.
  4. Kleitz, William, Digital Electronics : A Practical Approach, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1996.
  5. Greenfield, Joseph D., Practical Digital Design Using ICs, 2/ed, Regents/Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1994