Daftar Isi :

  1. Flowchart
  2. Flowchart
  3. Flowchart2
  4. Flowchart3
  5. Pseudo COde
  6. pseudoe_code2

Diagram Alir ( Flowchart ) adalah simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah pernyataan logika pemrograman serta aliran logika yang ditunjukkan dengan arah panah / Simbol – Simborl Ruang.

Fungsi Diagram alir untuk menggambarkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah / suatu algoritma. Selain itu fungsi  Diagram alir ( Flowchart ) yaitu untuk mendesain program dan juga untuk mereperestasikan program. Tentu Seorang Programmer / Developer dan mahasiswa jurusan TI harus mengenal Diagram Alir ( Flowchart ). 

Dengan adanya Diagram Alir memberikan manfaat bagi Developer / Programmer Sebelum membuat sebuah Program karena pada Diagram Alir sudah tersusun alur logika sebuah penyelesaian masalah / algoritma. 

Jadi Pihak Programmer / Developer hanya tinggal mengikuti Diagram Alir ( Flowchart ) yang tersedia. Selain Diagram alir ( Flowchart ) bermanfaat sebelum membuat Program, Diagram alir ( Flowchart ) juga sangat bermanfaat pada Saat Sesuah Pembuatan Program atau program yang sudah tersedia sebelumnya.

Kenapa bermanfaat ?, Karena apabila adanya pengembangan sebuah program ataupun pergantian tenaga developer / programmer, hanya perlu dengan membaca Diagram alir ( Flowchart ) yang sudah tersedia, tanpa perlu membongkar program tersebut ataupun menggali informasi ke developer / programmer sebelumnya.

Dengan adanya diagram alir ( flowchart ) ini juga menguntungkan perusahaan / instansi besar dalam pengembangan perbaikan kinerja perusahaan.

Pada Pembuatan Diagram Alir ( Flowchart ) tentunya Developer , Programmer / orang yang berminat harus mengetahui makna dari simbol – simbol pada diagram alir ( Flowchart ). Berikut simbol – simbol ruang Diagram Alir ( Flowchart ) ada pada gambar diatas

Masing – Masing Simbol memiliki fungsi masing – masing seperti berikut :

  1. Processor ( Simbol  dibuat apabila ada proses pengolahan data baik 1 data ataupun lebih.
  2. Decision ( Simbol dibuat apabila ada proses pengambilan keputusan / pemilihan untuk melanjut langkah selanjutnya )
  3. Input / Output  ( Simbol dibuat apabila ada proses memasukkan data ataupun mencetak suatu data )
  4. Cetak Document ( Simbol dibuat apabila ada proses mencetak sebuah dokumen fisik  )
  5. Start / End Termitator ( Simbol dibuat apabila mau memulai / menghentikan sebuat diagram alir )
  6. Line Connector ( Simbol dibuat untuk menyambung / mengarahkan alur ke Simbol – simbol Ruang yang lain )
  7. Loop Connector ( Simbol dibuat apabila adanya proses perulangan pada alur Diagram Alir )

Dari Pengertian Simbol – Simbol Bagian Diagram Alir tersebut maka baru dapat memahami diagram alir ( flowchart ) yang tersedia ataupun membuat Diagram Alir ( Flowchart ) baru.

Adapun contoh Studi Kasus Diagram (Flowchart) serta cara membaca / pemahaman dari Diagram alir ( Flowchart ) seperti berikut :

Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan diagram alir ( Flowchart ), mencari luas persegi panjang.

Jawaban ada pada gambar diatas

Dari Flowchart diatas bisa diterjemahkan dalam bahasa natural seperti berikut :

  1. Memulai Program
  2. Menyiapkan nilai p dan l untuk diinput
  3. Proses menghitung luas persegi panjang dengan mengalikan nilai p dengan l.
  4. Menampilkan Output Luas persegi Panjang
  5. Menghentikan Program.

Pseudo memiliki arti imitasi atau mirip atau menyerupai. sedangkan code memiliki arti menunjukkan kode dari program. jadi pengertian Pseudocode adalah kode yang mirip dengan instuksi kode program yang sebenarnya.

Dengan Adanya Pseudocode memudahkan programmer atau developer dalam memahami dan menggunakan pembuatan program karena mirip dengan kode - kode program yang sebenarnya.

Selain itu penulisan algoritma dengan Pseudocode menjadi lebih sederhana , efektif dan efisien.

Berikut gambar diatas merupakan perbandingan penulisan Algoritma dengan bahasa natural dengan penulisan algoritma dengan Pseudo Code

 

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta