Java - Flowchart ( Diagram Alir ) dan Pseudo Code

Diagram Alir ( Flowchart ) adalah simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah pernyataan logika pemrograman serta aliran logika yang ditunjukkan dengan arah panah / Simbol – Simborl Ruang.

Fungsi Diagram alir untuk menggambarkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah / suatu algoritma. Selain itu fungsi  Diagram alir ( Flowchart ) yaitu untuk mendesain program dan juga untuk mereperestasikan program. Tentu Seorang Programmer / Developer dan mahasiswa jurusan TI harus mengenal Diagram Alir ( Flowchart ). 

Dengan adanya Diagram Alir memberikan manfaat bagi Developer / Programmer Sebelum membuat sebuah Program karena pada Diagram Alir sudah tersusun alur logika sebuah penyelesaian masalah / algoritma. 

Jadi Pihak Programmer / Developer hanya tinggal mengikuti Diagram Alir ( Flowchart ) yang tersedia. Selain Diagram alir ( Flowchart ) bermanfaat sebelum membuat Program, Diagram alir ( Flowchart ) juga sangat bermanfaat pada Saat Sesuah Pembuatan Program atau program yang sudah tersedia sebelumnya.

Kenapa bermanfaat ?, Karena apabila adanya pengembangan sebuah program ataupun pergantian tenaga developer / programmer, hanya perlu dengan membaca Diagram alir ( Flowchart ) yang sudah tersedia, tanpa perlu membongkar program tersebut ataupun menggali informasi ke developer / programmer sebelumnya.

Dengan adanya diagram alir ( flowchart ) ini juga menguntungkan perusahaan / instansi besar dalam pengembangan perbaikan kinerja perusahaan.

Pada Pembuatan Diagram Alir ( Flowchart ) tentunya Developer , Programmer / orang yang berminat harus mengetahui makna dari simbol – simbol pada diagram alir ( Flowchart ). Berikut simbol – simbol ruang Diagram Alir ( Flowchart ) ada pada gambar diatas

Masing – Masing Simbol memiliki fungsi masing – masing seperti berikut :

  1. Processor ( Simbol  dibuat apabila ada proses pengolahan data baik 1 data ataupun lebih.
  2. Decision ( Simbol dibuat apabila ada proses pengambilan keputusan / pemilihan untuk melanjut langkah selanjutnya )
  3. Input / Output  ( Simbol dibuat apabila ada proses memasukkan data ataupun mencetak suatu data )
  4. Cetak Document ( Simbol dibuat apabila ada proses mencetak sebuah dokumen fisik  )
  5. Start / End Termitator ( Simbol dibuat apabila mau memulai / menghentikan sebuat diagram alir )
  6. Line Connector ( Simbol dibuat untuk menyambung / mengarahkan alur ke Simbol – simbol Ruang yang lain )
  7. Loop Connector ( Simbol dibuat apabila adanya proses perulangan pada alur Diagram Alir )

Dari Pengertian Simbol – Simbol Bagian Diagram Alir tersebut maka baru dapat memahami diagram alir ( flowchart ) yang tersedia ataupun membuat Diagram Alir ( Flowchart ) baru.

Adapun contoh Studi Kasus Diagram (Flowchart) serta cara membaca / pemahaman dari Diagram alir ( Flowchart ) seperti berikut :

Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan diagram alir ( Flowchart ), mencari luas persegi panjang.

Jawaban ada pada gambar diatas

Dari Flowchart diatas bisa diterjemahkan dalam bahasa natural seperti berikut :

  1. Memulai Program
  2. Menyiapkan nilai p dan l untuk diinput
  3. Proses menghitung luas persegi panjang dengan mengalikan nilai p dengan l.
  4. Menampilkan Output Luas persegi Panjang
  5. Menghentikan Program.

Pseudo memiliki arti imitasi atau mirip atau menyerupai. sedangkan code memiliki arti menunjukkan kode dari program. jadi pengertian Pseudocode adalah kode yang mirip dengan instuksi kode program yang sebenarnya.

Dengan Adanya Pseudocode memudahkan programmer atau developer dalam memahami dan menggunakan pembuatan program karena mirip dengan kode - kode program yang sebenarnya.

Selain itu penulisan algoritma dengan Pseudocode menjadi lebih sederhana , efektif dan efisien.

Berikut gambar diatas merupakan perbandingan penulisan Algoritma dengan bahasa natural dengan penulisan algoritma dengan Pseudo Code

 

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

  • Java - Algoritma dan Pemrograman

    02 January 2019

    Algoritma menurut Daisma merupakan suatu langkah - langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu tugas dengan tersusun secara logis dan efisien dengan benar

  • Java - Flowchart ( Diagram Alir ) dan Pseudo Code

    09 January 2019

    Diagram Alir ( Flowchart ) adalah simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah pernyataan logika pemrograman serta aliran logika yang ditunjukkan dengan arah panah / Simbol – Simborl Ruang. Fungsi Diagram alir untuk menggambarkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah / suatu algoritma.

  • Java - Class Driver dan Class Objek

    16 January 2019

    Class Driver dan Class Objek memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum membahas mengenai class Driver dan Class Objek tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu class. Class merupakan salah satu konsep dari pemrograman beroientasi objek

  • Java - Tipe Data dan Variabel

    23 January 2019

    Apa itu tipe data dalam pemrograman?? Tipe Data merupakan jenis Data dari sebuah variabel yang dapat menentukan nilai data dari variabel tertentu dan operasi yang dapat dilakukan.

  • Java - Operator Dan String

    30 January 2019

    Operator dalam Pemrograman digunakan untuk melakukan pengolahan data yang melibatkan konstanta atau variabel yang telah ditentukan.

  • Java - Algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan )

    06 February 2019

    Dalam Pemrograman kita harus tahu mengenai algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan ). Struktur keputusan adalah struktu algoritma yang memungkinkan melakukan statement ( pernyataan ) jika suatu kondisi terpenuhi. Jadi Struktur keputusan akan dieksekusi jika memenuhi suatu kondisi.

  • Java - Algoritma Perulangan

    13 February 2019

    Algoritma perulangan merupakan sebuah algoritma yang digunakan ketika ada statement yang harus dikerjakan sampai beberapa kali / bersifat berulang.

  • Java - Array

    20 February 2019

    Array adalah suatu struktur data yang terdiri dari sekumpulan data dimana data-data tersebut mempunyai tipe data yang sama.

  • Java - Error Handling

    27 February 2019

    Bagaimana cara menangani Error dalam pemrograman? Tentu harus mengetahui terlebih dahulu tipe – tipe error dalam pemrograman.

Kategori Artikel

Follow Us :