Pentingnya Rotation dan Randomization pada Alice 3

Pada Aplikasi Alice 3 memiliki Fitur Rotasi dan Randomization pada sebuah objek. Apa itu Rotasi pada Alice 3? Rotasi adalah perputaran suatu objek di suatu sumbu yang tetap.

Rotasi dapat diterapkan ke seluruh Objek atau pilih sub bagian Objek. Untuk Alice 3 Fitur Rotasi ada pada menu Hand Style seperti gambar berikut :

Adapun Prosuder pada Alice 3 untuk melakukan rotasi yaitu

  1. Turn
  2. Roll

Turn

Prosedur Turn pada alice 3 yaitu Memutar objek ke kiri, kanan, depan, atau belakang pada titik pusatnya. Putar kiri dan kanan pada sumbu vertikal objek; putar maju dan mundur pada sumbu horizontal objek.

Roll

Prosedur Roll pada alice 3 yaitu Menggulingkan objek ke kiri atau kanan pada titik pusatnya menggunakan sumbu horizontal objek. Berikut perbedaan Prosedur Turn dan Roll pada Alice 3 :

Untuk Rotasi Sub Bagian Objek biasanya sering dijumpai pada beberapa objek seperti Jam.

Jam memiliki Jarum Jam dan menit yang bergerak. Jadi Jarum jam tersebut merupakan sub bagian dari objek jam yang sering dilakukan Rotasi.

Objek jam pada Alice 3 dikenal dengan nama pocketWatch seperti gambar berikut :

Untuk melakukakan Rotasi pada Jarum Jam di Alice 3 berikut langkah – langkahnya :

  • Pilih Sub Bagian Objek PocketWatch getMinute
  • Cari Dan Tambahkan Prosedur Roll ke editor Code
  • Atur Direction Menjadi LEFT
  • Masukkan Argument Rotasi menjadi 1.

Seperti gambar berikut :

Mudah Bukan menerapkan Rotasi pada Sebuah Objek dan Sub bagian Objek pada Alice 3?. Untuk Selanjutnya akan membahas mengenai Randomization

Randomzation pada alice 3 yang dimaksud adalah pengacakan dalam sebuah angka yang dibuat oleh komputer tanpa pola yang dapat ditebak di dalam urutannya. Angka acak yang dihasilkan dalam kisaran angka tertentu. Fitur ini bisanya diperlukan dalam hal keamanan ataupun simulasi.

 Jika Randomization ini diterapkan dalam Animasi tentu akan menghasilkan animasi yang berbeda beda sebagai contoh penggunaan Random dalam animasi salah satu pergerakan hewan. Maka hewan tidak bergerak secara tetap / dalam garis geometri lurus. Biasanya pergerakan objeknya akan sedikit berubah arah. Berikut Contoh Penerapan Randomization dalam Animasi Alice 3 pada sebuah objek Bunny :

Jika Dilakukan Pengujian maka pergerakan Objek Buny kadang bergerak jauh dan bisa saja bergerak sedikit.

Demikian Pembahasan mengenai Pentingnya Rotation dan Randomization pada Alice 3. Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta.

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

  • Pemrograman Berorientasi Objek ( PBO )

    12 March 2019

    Pemrograman Berorientasi Objek ( PBO ) merupakan suatu pendekatan pemrograman yang menggunakan objek dan class.

  • Add And Positioning Object

    10 April 2019

    Pada Pemrograman Berorientasi Objek khususnya pada pemrograman Alice kita akan mempelajari Penambahan dan memposisikan suatu object ( Add and Positioning Object ). Disini Daisma akan membahas mengenai proses menambahkan objek , mengedit properti objek , mengatur posisi dengan sumbu tiga dimensi dan juga mengatur posisi sub bagian objek.

  • Prosedur dan Argument Pada Alice 3

    22 May 2019

    Apa itu Procedurs dan Argument pada Alice 3?. Prosedur adalah bagian dari kode program yang menentukan bagaimana objek seharusnya menjalankan tugas. Sedangkan argument adalah nilai yang digunakan prosedur untuk menyelesaikan tugasnya. Adapun hal – hal yang dibahas mengenai procedure dan arguemnts yaitu : Menambahkan procedures pemrograman Java ke Code Editors , Menggunakan Procedures untuk menggerakkan objek, Demonstrasi perubahan nilai di procedures , Membuat Arguments di Pemrograman, Menyusun , edit , hapus , copy pas dan disable statement pemrograman,Melakukan Debug Animasi

  • Pentingnya Rotation dan Randomization pada Alice 3

    15 September 2019

    Pada Aplikasi Alice 3 memiliki Fitur Rotasi dan Randomization pada sebuah objek. Apa itu Rotasi pada Alice 3? Rotasi adalah perputaran suatu objek di suatu sumbu yang tetap. Rotasi dapat diterapkan ke seluruh Objek atau pilih sub bagian Objek.

Kategori Artikel

Follow Us :