Daftar Isi :

  1. Pentingnya Rotation dan Randomization pada Alice 3
  2. Fitur Rotasi ada pada menu Hand Style di Alice 3
  3. perbedaan Prosedur Turn dan Roll pada Alice 3
  4. Contoh Penerapan Rotasi Sub Bagian Objek PocketWatch di Alice 3
  5. Prosedur Rotasi Sub Bagian Objek PocketWatch di Alice 3
  6. Contoh Penerapan Randomization dalam Animasi Alice 3 di Objek Bunny

Pada Aplikasi Alice 3 memiliki Fitur Rotasi dan Randomization pada sebuah objek. Apa itu Rotasi pada Alice 3? Rotasi adalah perputaran suatu objek di suatu sumbu yang tetap.

Rotasi dapat diterapkan ke seluruh Objek atau pilih sub bagian Objek. Untuk Alice 3 Fitur Rotasi ada pada menu Hand Style seperti gambar berikut :

Adapun Prosuder pada Alice 3 untuk melakukan rotasi yaitu

  1. Turn
  2. Roll

Turn

Prosedur Turn pada alice 3 yaitu Memutar objek ke kiri, kanan, depan, atau belakang pada titik pusatnya. Putar kiri dan kanan pada sumbu vertikal objek; putar maju dan mundur pada sumbu horizontal objek.

Roll

Prosedur Roll pada alice 3 yaitu Menggulingkan objek ke kiri atau kanan pada titik pusatnya menggunakan sumbu horizontal objek. Berikut perbedaan Prosedur Turn dan Roll pada Alice 3 :

Untuk Rotasi Sub Bagian Objek biasanya sering dijumpai pada beberapa objek seperti Jam.

Jam memiliki Jarum Jam dan menit yang bergerak. Jadi Jarum jam tersebut merupakan sub bagian dari objek jam yang sering dilakukan Rotasi.

Objek jam pada Alice 3 dikenal dengan nama pocketWatch seperti gambar berikut :

Untuk melakukakan Rotasi pada Jarum Jam di Alice 3 berikut langkah – langkahnya :

  • Pilih Sub Bagian Objek PocketWatch getMinute
  • Cari Dan Tambahkan Prosedur Roll ke editor Code
  • Atur Direction Menjadi LEFT
  • Masukkan Argument Rotasi menjadi 1.

Seperti gambar berikut :

Mudah Bukan menerapkan Rotasi pada Sebuah Objek dan Sub bagian Objek pada Alice 3?. Untuk Selanjutnya akan membahas mengenai Randomization

Randomzation pada alice 3 yang dimaksud adalah pengacakan dalam sebuah angka yang dibuat oleh komputer tanpa pola yang dapat ditebak di dalam urutannya. Angka acak yang dihasilkan dalam kisaran angka tertentu. Fitur ini bisanya diperlukan dalam hal keamanan ataupun simulasi.

 Jika Randomization ini diterapkan dalam Animasi tentu akan menghasilkan animasi yang berbeda beda sebagai contoh penggunaan Random dalam animasi salah satu pergerakan hewan. Maka hewan tidak bergerak secara tetap / dalam garis geometri lurus. Biasanya pergerakan objeknya akan sedikit berubah arah. Berikut Contoh Penerapan Randomization dalam Animasi Alice 3 pada sebuah objek Bunny :

Jika Dilakukan Pengujian maka pergerakan Objek Buny kadang bergerak jauh dan bisa saja bergerak sedikit.

Demikian Pembahasan mengenai Pentingnya Rotation dan Randomization pada Alice 3. Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta.