Java - Class Driver dan Class Objek

Class Driver dan Class Objek memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum membahas mengenai class Driver dan Class Objek tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu class. Class merupakan salah satu konsep dari pemrograman beroientasi objek.

Setiap program harus dibungkus dengan class agar dapat dierpresentasikan ke dalam objek. membuat Sebuah  class dalam pemrograman dibuka dengan tanda  kurung kurawal { dan ditutup / diakhiri dengan kurung }. Dalam sebuah class terdiri dari beberapa variabel, method dan function

Fungsi class ada dua jenis yaitu sebagai Class Driver dan Class Objek. Berikut gambar diatas merupakan Contoh Class Driver dalam pemrograman Java.

Dari Contoh diatas merupakan Class Driver yang digambar terdiri dari :

Package ( Warna Merah ) : kumpulan folder yang berisikan sekumpulan program java.

Class ( Warna Hijau ): salah satu konsep dari pemrograman beroientasi objek. Setiap program harus dibungkus dengan class agar dapat dierpresentasikan ke dalam objek. membuat Sebuah  class dalam pemrograman dibuka dengan tanda  kurung kurawal { dan ditutup / diakhiri dengan kurung }. Dalam sebuah class terdiri dari beberapa variabel, method dan function.

Method Main ( Warna Orange )  : satu blok program berupa method yang akan dieksekusi pertama kali yang biasanya disebut main(). Method main merupakan entry point dari program, sehingga method main() wajib untuk dibuat dalam kode program agar program dapat dieksekusi. Pada Method Main memiliki parameter array of string dengan nama variabel args. Parameter tersebut akan digunakan untuk menyimpan nilai dari argumen di command line/terminal.

Statement ( Warna Abu-Abu ) :  bagian paling kecil dari program. Suatu statement akan menjadi suatu perintah yang akan dikerjakan oleh program komputer. Statement diguanakan sebagai perintah kepada program untuk melaksanakan suatu tugas tertentu. Setiap Statement harus selalu diakhiri tanda titik koma (;)

Block Program ( Warna Biru ) :  Kumpulan Statement yang dibungkus dalam satu kesatuan. Sebuah blok program selalu dibuka dengan kurung kurawal { dan ditutup dengan kurung kurawal }. Block Kode dapat ditemukan di : Class, Method, Kondisional, Perulangan

Maka dari penjelasan tadi bisa ditentukan sebagai class driver apabila :

  • Class Memiliki Method Main
  • Class dapat memilki method statis lainnya
  • Dalam Method Main biasanya berisi statement :
    1. Inisialisasi Kelas Objek
    2. Variabel
    3. Struktur Kondisional , Struktur Perulangan
    4. Logika Pemorgraman Lainnya.

Sedangkan Untuk Class Objek berbeda dengan class Driver. Dari Gambar diatas merupakan contoh Class Objek. Untuk mengetahui bahwa contoh tersebut merupakan class objek sebagai berikut :

  1. Class yang menjelaskan Sebuah Instance Objek yang akan digunakan di Class Driver.
  2. Class Berisi Variable
  3. Class Berisi Method

Dari Perbedaan Class Objek dan Class Driver tentu proses penggunaannya juga berbeda. Berikut proses Penggunaan Class Objek Pada Class Driver pada gambar diatas.

Pada Line Mahasiswa mahasiswa1 = new Mahasiswa(); Kata Kunci new yag menyatakan terjadinya pembentukan objek baru dari suatu class. Setelah objek terbentuk, atribut dan juga method yang terkandung dalam rancangan class dapat diapnggil melalui objek tersebut.

mahasiswa1.NamaLengkap = “ I Putu Daisma”;

mahasiswa1.NamaPanggilan=”Daisma”;

mahasiswa.Jurusan=”Teknik Informatika”;

mahasiswa1.DataDiri();

pada teks yang dicetak tebal berikut merupakan perintah untuk melakukan pengisian nilai pada atribut dengan nama NamaLengkap , NamaPanggilan, Jurusan dari objek mahasiswa1.  Sedangkan DataDiri() merupakan proses perintah memanggil Method pada objek mahasiswa1. Tanda . pada pemrograman java berfungsi untuk mengakses atribut atau method pada suatu objek.

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

  • Java - Algoritma dan Pemrograman

    02 January 2019

    Algoritma menurut Daisma merupakan suatu langkah - langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu tugas dengan tersusun secara logis dan efisien dengan benar

  • Java - Flowchart ( Diagram Alir ) dan Pseudo Code

    09 January 2019

    Diagram Alir ( Flowchart ) adalah simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah pernyataan logika pemrograman serta aliran logika yang ditunjukkan dengan arah panah / Simbol – Simborl Ruang. Fungsi Diagram alir untuk menggambarkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah / suatu algoritma.

  • Java - Class Driver dan Class Objek

    16 January 2019

    Class Driver dan Class Objek memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum membahas mengenai class Driver dan Class Objek tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu class. Class merupakan salah satu konsep dari pemrograman beroientasi objek

  • Java - Tipe Data dan Variabel

    23 January 2019

    Apa itu tipe data dalam pemrograman?? Tipe Data merupakan jenis Data dari sebuah variabel yang dapat menentukan nilai data dari variabel tertentu dan operasi yang dapat dilakukan.

  • Java - Operator Dan String

    30 January 2019

    Operator dalam Pemrograman digunakan untuk melakukan pengolahan data yang melibatkan konstanta atau variabel yang telah ditentukan.

  • Java - Algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan )

    06 February 2019

    Dalam Pemrograman kita harus tahu mengenai algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan ). Struktur keputusan adalah struktu algoritma yang memungkinkan melakukan statement ( pernyataan ) jika suatu kondisi terpenuhi. Jadi Struktur keputusan akan dieksekusi jika memenuhi suatu kondisi.

  • Java - Algoritma Perulangan

    13 February 2019

    Algoritma perulangan merupakan sebuah algoritma yang digunakan ketika ada statement yang harus dikerjakan sampai beberapa kali / bersifat berulang.

  • Java - Array

    20 February 2019

    Array adalah suatu struktur data yang terdiri dari sekumpulan data dimana data-data tersebut mempunyai tipe data yang sama.

  • Java - Error Handling

    27 February 2019

    Bagaimana cara menangani Error dalam pemrograman? Tentu harus mengetahui terlebih dahulu tipe – tipe error dalam pemrograman.

Kategori Artikel

Follow Us :