Daftar Isi :

  1. Mengenal Grafika Komputer Sampai Praktikumnya
  2. Cakupan Area Ilmu Grafika Komputer
  3. Modeling
  4. Animation
  5. Rendering
  6. Proses Grafika Komputer
  7. Family Tree Aplikasi Processing pada Grafika Komputer
  8. Tampilan Awal Aplikasi Processing

Apa itu Grafika Komputer? Grafika Komputer adalah seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk memproduksi suatu gambar, grafik atau citra realistik untuk seni , game computer , foto dan film animasi.

Grafika Komputer juga merupakan cabang ilmu komputer yang membahas algoritma untuk menampilkan simulasi. Hasil Grafika Komputer mencakup area seperti berikut :

Pada Grafika Komputer mencakup 3 Komponen utama yaitu :

  1. Modeling
  2. Animation
  3. Rendering

Modeling

Tahap ini merupakan Proses merepresentasikan Objek dan membuat model dari objek – objek tertentu.Modeling dalam grafika komputer melakukan Represetnasi Objek  seperti Shape – Geomertri Bentuk.

Untuk membuatnya memerlukan penulisan rumus, melakukan Secara interaktif menggunakan Prosedur / Program dan melakukan Pemindaian ( scanning ) dari objek real. Contohnya seperti gambar berikut :

Animation

Animation adalah Proses Tahapan Grafika Komputer untuk menampilkan dan mengendalikan gerakan Objek, gerakan Objek yang dimaksud seperti posisi , fungsi dan durasi waktu

Selain itu untuk mengendalikan gerakan memerlukan simulasi fisika / simulasi perilaku ( membuat program yang berfungsi sebagai otak dari sebuah objek ) seperti berikut :

Rendering

Merupakan Tahapan Grafika Komputer yang membuat reperesentasi objek menyerupai objek nyata. Dengan melakukan pengaturan pencahayaan,  membuat model interaksi antara cahaya dengan permukaan benda. Seperti berikut :

Jadi Tahapan – Tahapan Dalam Proses Grafika Komputer jika digambarkan dalam Step by step maka akan seperti berikut :

Pada Grafika Komputer merupakan Bagian yang paling sulit dibidang komputer karena selain harus mengerti bahasa dan logika pemrograman juga dibutuhkan kemampuan analisis serta pemahaman matematik. Seperti halnya bahasa manusia, bahasa pemrograman memiliki keluarga bahasa terkait.

Processing adalah dialek bahasa pemrograman java, Sintaksis bahasa hampir identik tetapi pada Processing menambahkan fitur khusus yang berkaitan dengan grafis dan interaksi berikut Family Tree Processing sebagai aplikasi Grafika Komputer :

Pada Tampilan Awal Aplikasi Processing memiliki Environment yang sangat banyak yang meliputi :

  1. Menu
  2. Toolbar
  3. Tabs
  4. Text Editor
  5. Message Area
  6. Console

Seperti tampilan berikut :

Menu

Menu menyediakan fungsionalitas yang sama dengan  Toolbar selain tindakan untuk manajemen file dan  membuka bahan referensi yang terdiri dari :

File  : perintah untuk mengelola dan mengekspor file

Edit  : untuk mengatur editor teks (Undo, Redo, Cut, Copy,  Paste, Find, Replace, dll.)

Sketch : perintah untuk menjalankan dan menghentikan  program dan untuk menambahkan file media dan kode  pustaka.

Tools : untuk membantu dalam menggunakan processing  (pemformatan kode otomatis, membuat font, dll.)

Help : bantuan file Referensi untuk lingkungan dan bahasa

 

Toolbar

Merupakan Menu untuk mengelola / mengoperasikan Aplikasi yang terdiri dari :

Run : Mengkompilasi kode, membuka jendela tampilan, dan menjalankan program di dalamnya.

Stop : Menghentikan program yang sedang berjalan, tetapi tidak menutup jendela tampilan.

New : Membuat sketsa baru.

Open : Menyediakan menu dengan opsi untuk membuka file  dari sketsa, buka contoh, atau buka sketsa dari mana saja di  komputer atau jaringan Anda.

Save : Menyimpan sketsa saat ini ke lokasi saat ini atau  komputer. Jika Anda ingin memberikan sketsa yang berbeda  nama, pilih "Simpan Sebagai" dari menu File.

Export : Mengekspor sketsa saat ini sebagai Java applet yang  tertanam dalam file HTML. Folder yang berisi file sedang dibuka.  Klik file index.html untuk menampilkan perangkat lunak pada  web browser default komputer.

Tabs : tempat yang menyediakan file – file sketsa yang sedang dibuka

Text Editor : Merupakan tempat untuk melakukan penulisan sintaks- Sintaks Program.

Message Area : area untuk memberikan pesan syntax yang dibuat pada Teks Editor

Console : Menampilkan Informasi ketika melakukan Run / Execute Program.

 

Dalam pemrograman pada Processing 3 Kerangka yang wajib dibuat pada teks Editor adalah

void setup(){

size(200,200);

}

Void Setup merupakan proses pembuatan Layout / Pengaturan Awal ketika Menjalankan aplikasi

void draw(){

 

}

Void Draw merupakan Proses Menampilkan / mengeksekusi Sintaks” yang dibuat didalamnya menjadi sebuat output / hasil.

Demikian Pembahasan mengenai Pengenalan Data Mining dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda Kedepannya. Terima Kasih

Referensi :

  1. Casey Reas & Ben Fry, Getting Started With Processing, O’Reilly,2010
  2. Make : Getting Started with Processing : A Hands-On Introduction to Making Interactive Grafphics, Case Reas & Ben Fry, Second Edition, Maker Media, Inc., 1160 Battery Street East, Suite 125, San Franscisco, CA 94111, ISBN : 978-457-18708-7, 2015
  3. Processing : A Programming Handbook for Visual Designers and Artists, Casey Reas and Ben Fry, The MIT Press Cambridge, Massachusetts, London, England, 2015
  4. The Nature of Code, Daniel Shiffman, Magic Book Project, Castro Street, Suite 900, Mountain View California 94041, USA, ISBN-10:0985930802, 2012