Pada Sistem Digital Anda akan Mengenal yang namanya Counter. Counter merupakan Sebuah rangkaian Sekuensial yang mengeluarkan urutan state – state tertentu, yanng merupakan aplikasi dari pulsa – pulsa inputnya. Pulsa Input dapat berupa pulsa clock (clk ) atau pulsa yang dibangkitkan oleh sumber eksternal dan muncul pada interval tertentu.

Biasanya Counter banyak digunakan pada peralatan yang berhubungan dengan teknologi digital, biasanya untuk menghitung jumlah kemunculan sebuah event atau untuk menghitung pembangkit waktu. Apabila couter yang mengeluarkan urutan biner maka disebut dengan biner counter. Dimana pada counter sebuah n-bit binary counter terdiri dari n buah flip-flop yang dapat menghitung dari 0 sampai 2n-1. Bagaimana cara mengoperasikan counter? Berikut adalah langkah – langkah operasi Counter dalam gambar dibawah ini :

Dari gambar dIatas garis pada Q0 datar dibawah itu menandakan nilainya 0 dan apabila ada garis naik ke atas maka nilai pada garis Q0 bernilai 1, garis Q0 berikut digambar dihasilkan dari tabel nilai Q0 begitu juga pada Q1 dan Q2.

Pada counter apabila dari contoh 3-bit counter diatas apabila pulsa clock mencapai ke 8 maka secara otomatis dilakukan recyle / direset kembali ke 000. Adapun Contoh lain tentang Counter dari Rangkaian Sekuensial 3- bit binary counter pada gambar berikut :

Dari Gambar diatas merupakan Ilustrasi hasil dari Diagram State 3-bit binary counter tersebut didapat dari tabel Eksitasinya. Pada tabel Eksitasi terdapat kelompok Present State dan kemudian didapatkan Next State sesuai dengan Pulse Clock.

Counter memiliki dua Jenis yaitu :

    1. Asyncronous Counter
    2. Syncronous Counter

Asyncronous Counter

Asyncronous Counter merupakan counter yang output masing – masing flip – flop yang digunakan akan bergulingan ( berubah kondisi dari 0 ke 1 atau sebaliknya ) secara berurutan. Hal ini karena Flip Flop yang paling ujung saja yang dikendalikan sinyal clock , sedangkan sinyal lainnya diambil dari masing – masing flip – flop sebelumnya. Jika digambarkan Definisi Asyncronous Counter seperti berikut :

Dengan Jenis Acryncronous Counter Output dari Flip – Flop pada bit dengan level yang lebih rendah menjadi input dari Flip – Flop pada bit berlevel lebih tinggi dengan kata lain input clock dari masing – masing Flip Flop berasal dari flip – flop yang lain. Berikut Salah Satu contoh Timing Diagram 3 bit Asyncronous Counter pada gambar berikut :

Synchronous Counter

Synchronous Counter merupakan jenis Counter yang Output Flip –Flop yang digunakan bergulingan secara serempak. Hal ini disebabkan karena masing – masing flip flop tersebut dikendalikan secara serempak oleh satu sinyal clock. Oleh sebab itu Syncronous Counter  disebut paralel counter.

Pada Synchronous Counter terdiri dari beberapa flip flop yang saling dicasecadekan dan di trigger bersama-sama oleh sebuah sumber pulse clock. Maka responnya serempak dengan datangnya pulsa clock sehingga cocok untuk dioperasikan dalam kecepatan tinggi atau frekuensi tinggi. Berikut Ilustrasi Jenis Synchronous Counter :

Jika digambarkan dalam sebuah Time Diagram dan Rangkaian Synchronous Counter cara kerjanya seperti berikut :

Demikian pembahasan mengenai Counter berserta Jenisnya yaitu Asyncronous Counter dan Syncronous Counter pada Sistem Digital, Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Tocci, Ronald J., Digital System : Principles and Applications, 7/ed, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1991
  2. M. Morris Mano, Digital Design, Prentice – Hall
  3. Sumarna, Elektronika Digital : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006.
  4. Kleitz, William, Digital Electronics : A Practical Approach, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1996.
  5. Greenfield, Joseph D., Practical Digital Design Using ICs, 2/ed, Regents/Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1994