Daftar Isi :
- Mengenal Keyboard Controls dan Event Listener pada Pemrograman Alice 3
- Contoh Penerapan Keyboard Control pada Pemrograman Alice 3
- Mengakses Event Listener pada Pemrograman Alice 3
- Tampilan Tab Event Listener pada Pemrograman Alice 3
- Penerapan Scene Activation Listener pada Pemrograman Alice 3
- Cara Mengakses Event Keyboard Listener pada Pemrograman Alice 3
- Jenis Data Pada Event Keyboard Listener
- Penggunaan Keyboard Event Listener pada Pemrograman Alice 3
- Penerapan If Structure dalam Keyboard Event Listener
- Contoh Penggunaan If Structure Control dalam Keyboard Event Listener
Pada Pemrograman Alice 3 Ada Fitur Keyboard Control. Apa itu Keyboard Controls?. Keyboard Controls merupakan Proses Memasukan Kontrol Keyboard ke program yang memungkinkan user pengguna untuk mengontrol satu atau beberapa objek sementari pada saat animasi sedang dijalankan. Jadi Untuk Menggunakannya Pengguna Cukup dapat menekan sebuah tombol pada keyboard atau mengklik mouse, untuk mengontrol tindakan pemrogramannya berikutnya. Adaput Fungsi – Fungsi dari Keyboards Control pada Pemrograman Alice 3 yaitu :
- Membuat Scene dimana pengguna mengontrol objek yang berinteraksi dengan objek lain.
- Membuat animasi yang dijalankan secara kondisional / adanya kondisi. Berdasarkan pada tombol yang ditekan atau yang diklik pada mouse.
- Dapat Digunakan untuk membuat Game dimana pengguna diharuskan untuk mengontrol sebuah objek untuk memenangkan permainan
- Dalam Code Editor Klik Tab Scene
- Klik Tombol V Dropdown di samping initializeEventListeners dan pilih Edit
- Langkah ini akan membuka tab initializeEventListeners jika belum dibuka
Pada Area Pemrograman Alice 3 Ada Tab Event Listeners yang berguna untuk menambahkan Event Listener Ke Kode Anda seperti berikut :
Dalam sceneActivated Listener, Anda dapat membuat animasi yang akan diplay sebelum myfirstMethod Dimulai Ini dapat digunakan sebagai opening Sequence untuk Code Anda. Selain itu Anda dapat membuat Prosedur sendiri atau menggunakan Prosedur internal untuk membuat Opening Sequence yang dinamakan Appear yang akan meplay Alice 3 dan membuatnya terlihat dalam Scene yang disebut Scene Activation Listener. Untuk Menggunakannya yaitu dengan drag dari daftar prosedur alice dan letakkan sebelum panggilan myFirstMethod dalam listener SceneActivated seperti gambar berikut :
Kemudian Pada Alice 3 Terdapat Keyboard Listener adalah Listener yang dapat mendengarkan dan bereaksi kepada penekanan tombol keyboard yang dispesifikasikan oleh anda. Untuk mengakses Keyboard Listener dapat ditemukan dalam dropdown Add Event Listener seperti berikut :
Dalam Keyboard Listener terdapat Banyak Jenis yang meliputi pada Tabel berikut :
Dan Tentu Cara menggunakan Event Listener Keyboard sangat mudah yaitu dengan langkah – langkah dan gambar berikut :
- Pilih Drop Down Menu Add Event Listener
- Pilih Keyboard
- Pilih AddKeyPressListener
- Drag If Structure Control ke dalam AddKeyPressListener
- Pilih Kondisi true
tekanan tombol. Bagaimana caranya? Berikut Langkah – Langkahnya seperti berikut :
- Pilih Objek yang dikontrol oleh Tombol Keyboard.
- Drag and Drop Prosedur yang harus dijalankan oleh tombol keyboard ke dalam struktur kontrol IF dan pilih argumennya.
Referensi :
- Oracle Academy
- Rijalul Fikri, dkk (2005), “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
- L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta.