Daftar Isi :

  1. Yang Perlu Disiapkan dalam Membuat Animasi Lengkap pada Pemrograman Alice 3
  2. Langah – Langkah dalam Proses Pengembangan Animasi
  3. Contoh – Contoh Menetapkan Skenario dalam Membuat Animasi
  4. Contoh StoryBoard Visual dalam Membuat Animasi
  5. Contoh Manfaat Storyboard Tekstual pada Pemrograman Alice 3
  6. Komponen Storyboard Tekstual dalam membuat Animasi
  7. Contoh Checklist membuat Animasi Lengkap
  8. Cara Upload Animasi Lengkap pada Pemrograman Alice 3
  9. Cara Merekam Animasi Lengkap pada Pemrograman Alice 3
  10. Cara Upload Animasi Lengkap ke Youtubue pada Pemrograman Alice 3
  11. Cara Export File Local Animasi Lengkap pada Pemrograman Alice 3


Jika Sudah Memahami Tools- Tools dan Fitur Fitur dalam Alice 3, Maka Tahap Selanjutnya adalah menggunakan semua fitur tersebut menjadi sebuah animasi. Animasi yang dimaksud adalah urutan tindakan yang mensimulasikan pergerakan. Jadi Pada Animasi ada Proses rendering yang merupakan proses dimana program perangkat lunak mengubah kode yang anda buat menjadi animasi yang anda dapat lihat. Tentu Dalam membuat animasi memerlukan perencanaan. Perencanaan dan pengembangan animasi salah satu proses yang rumit. Anda dapat menyederhanakan proses tersebut dengan cara :

1.       mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang muncul di sepanjang proses.
2.       Membagi pengembangan ke dalam langkah – langkah yang mudah dikelola
 

Selain Perencanaan Proses Pengembangan Animasi juga Sulit maka untuk langkah – langkahnya seperti berikut :


Tahap 1. Menetapkan Skenario

Dalam Membuat Animasi, Seorang Animator Profesional mulai dengan mengembangkan skenario atau cerita yang memberi tujuan tertentu dalam animasi. Adapun Contoh – Contoh menetapkan Scenario seperti berikut :


Tahap 2. Merancang StoryBoard

Setelah Melakukan Penyusunan Skenario langkah selanjutnya merancang Storyboard. Dalam merancang storyboard anda dapat menggunakan 2 jenis media yaitu :
1.       Visual
Media yang Rangkaian gambar ilustarsi yang mewakilkan adegan utama animasi 
2.       Tekstual
Media Daftar action yang detail dan tersusu yang dijalankan setiap objek di dalam setiap adegan Animasi

Keuntungan Penggunaan StoryBoard Visual akan membantu pembaca memahami  :
1.       Komponen Adegan
2.       Bagaimana Adegan awal akan diatur
3.       Objek yang bergerak dan tidak bergerak dalam adegan.
4.       Action yang akan dilakukan
5.       Interaksi pengguna yang terjadi selama eksekusi Animasi

Seperti Contoh StoryBoard Visual Berikut :


Sedangkan Manfaat dari Penggunaan StoryBoard Tekstual membantu memahami action yang akan terjadi selama animasi. Jadi Objek yang bergerak dan tidak bergerak dapat mudah dikenali dalam statement Action, tetapi deskripsinya harus yang lebih terperinci, Jadi Mungkin diperlukan jika beberapa developer terlibat dalam eksekusi animasi. 

Jadi dengan Manfaat Storyboard Teksual Anda dapat melakukan Tulisan Komentar pada Code Editor anda Kemudian memulia pengembangan animasi langsung dari storyboard yang telah dibuat seperti tampilan berikut :


Tentu Ada yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Storyboard Tekstual, berikut komponennya dalam bentuk tabel :


Tahap 3. Memprogram Animasi

Setelah menyelesaikan Story Board langkah selanjutnya memprogram animasi dalam alice 3 . Jadi Pada Tahap ini Anda Harus mengacu kembali berdasarkan storyboardnya untuk spesifikasi desain animasi. Dalam Memprogram Animasi Gunakanlah Checklist untuk memastikan bahwa animasi memenuhi semua prinsip animasi. 

Jadi Fitur – Fitur yang anda telah pelajari dalam Pemrograman Alice 3 akah diterapkan dalam memprogram animasi. Berikut Contoh Checklistnya :


Tahap 4. Menjalankan Animasi.

Jika Sudah Selesai Memprogram Animasi maka Baru dapat melakukan tahap ini. Tahap ini dilakukan untuk menguji apakah animasi berfungsi dengan benar dan menjalankan action yang telah dierencanakan dalam storyboard. Selama Menjalankan Animasi tentu akan melakukan Pengujian. Adapun Hal – Hal yang perlu diperhatikan dalam pengujian yang meliputi :

1.       Uji Setiap Elemen untuk membuktikan elemen bekerja tanpa kesalahan
2.       Operator matematika yang dihitung seperti apa yang diharapkan
3.       Objek bergerak dengan durasi yang peresisi atau mulus.
4.       Struktur Kontrol Program beroperasi sebagaimana diharapkan.

Jika Sudah Selesai dan sesuai dengan yang direncakan anda dapat melakukan Upload Animasinya. Untuk melakukan Upload Animasi dalam Alice 3 yaitu memerlukan Akun youtube. Jika sudah memilikinya anda dapat mengunggahnya dengan cara seperti berikut :


Setelah Menekan Upload to Youtube maka akan tampil Interface yang mengharuskan Anda Merekam animasi ke dalam format (.webm) yang dapat diunggah ke youtube dengan cara seperti berikut : 

Tekanlah Tombol Record sampai animasi selesai Berjalan kemudian Tinjau Kembali, Jika Sudah Sesuai dan Yakin Tekan Tombol Upload Seperti gambar berikut :


Dan Jika Anda Tidak ingin mengunggahnya ke Youtube dan hanya ingin mendapatkan File Local maka tekan tombol Export Video to File seperti tampilan berikut :


Demikianlah pembahasan tentang Membuat Animasi Lengkap pada Pemrograman ALice 3 Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta.