Java - Algoritma Perulangan

Algoritma perulangan merupakan sebuah algoritma yang digunakan ketika ada statement yang harus dikerjakan sampai beberapa kali / bersifat berulang. Adapun beberapa keyword / perintah yang digunakan untuk menerapkan perulangan dalam pemrograman. Antara lain :

  1. While Loop
  2. Do While Loop
  3. For Loop

Tentu Semua dari 3 jenis perulangan tersebut dapat digunakan pada kebanyakan sitausi / kondisi. Pemilihan penggunaan  yang akan digunakan tergantung pada :

  1. Kapan loop / perulangan harus dimulai
  2. Kapan loop / perulangan harus berhenti
  3. Proses apa yang akan dilakukan dalam perulangan.

Mari kita mengenal satu persatu algoritma perulangan. Yang pertama mengenai While Loop. While Loop merupakan perulangan yang dimulai dengan mengevaluasi kondisi apakah benar atau tidak. Jika benar maka statement akan dijalankan dan program kembali lagi melakukan evaluasi kondisi kembali apakag benar atau salah. Demikian seterusnya hingga kondisi bernilai salah. Jika bernilai salah maka statemen akan dilewati dan evaluasi kondisi tidak akan dilakukan lagi. Dengan kata lain, perintah pada statements akan terus dieksekusi selama kondisi bernilai benar ( true )

Berikut Bentuk Umum While Loop :

Dari bentuk umum di gambar bahwa Variabel yang  dievaluasi pada kondisi booleannya tentu perlu dilakukan Update. Pada While Loop memilki sifat perulangan, sifat perulanga ada dua yaitu Counter – Controlled Loop dan Sentinel  - Controller Loop . berikut kita bahas mengenai Counter Controller Loop.

Sifat perulangan Counter Controlled Loop yang dimana pada iterasi loop nilai counter berubah dan kondisi pengujian pada perulangan didasarkan pada nilai dari counter. Berikut contoh Counter Controlled Loop pada While Loop

Sifat perulangan Sentinel Controlled Loop yang dimana proses perulangannya akan berhenti / berakhir ( terminate ) apabila ada Input Nilai khusus dimasukkan. Jadi sifat perulangan ini yang tidak terbatas karena tidak diketahui sebelumnya beberapa kali loop / perulangan yang akan dieksekusi.

Sentinel – Controlled Loop biasanya memiliki struktur sebagai berikut :

Nilai dari user dibaca untuk insialisasi dan Selama nilai sentinel sama dengan nilai yang dimasukkan oleh user pada pengecekan kondisi maka statement akana dilaksanakan pada loop body dan nilai berikutnya adalah nilai yang diinputkan oleh user.

Dan apabila Sebuah perulangan dengan Kondisinya terus bernilai true maka perulangan akan dilakukan terus menerus dan tidak akan berhenti. Istilah dari hal tersebut merupakan loop tak terbatas ( Infinity Loop )

Algoritma perulangan yang Kedua adalah  For Loop. Perulangan For Loop merupakan perulangan dengan  cara sederhana penulisannya dan hampir mirip seperti sifat Counter Controlled Loop. Bagian pada perulangan ini terdiri dari 3 bagian yaitu inisialisasi , testing / evaluasi kondisi , update variabel. Berikut bentuk umum penulisan perulangan for loop

Perulangan ini memiliki cara penulisan yang sederhana. Berikut perbandingan penulisan perulangan dengan for loop dan dibandingkan dengan perulangan while loop bersifat counter controlled Loop

Pada perulangan juga berlaku sifat nested ( bersarang ), nested yang dimaksud adalah pada sebuah perulangan didalamnya ada perulangan. Biasanya perulangan bersarang digunakan pada kebutuhan yang ada tingkatannya / levelnya.

Algoritma perulangan yang ketiga yaitu Do – While Loop. Do – While Loop ini mirip seperti While Loop tetapi kondisi / evaluasinya dilakukan setelah statement Body Loop dieksekusi. Jadi apabila menggunakan perulangan ini maka statement body loop dieksekusi minimal sekali.

Berikut format umum penulisan perulangan do – while loop :

Pada perulangan Do – While Loop pasti akan mengeksekusi statement body loop minimal satu kali. Apabila perulangan ini dibandingkan dengan perulangan While – Loop dengan contoh kasus yang sama maka akan terlihat perbedaan dari masing – masing perulangan. Berikut contoh perbandingan perulangan While Loop dengan Do – While Loop.

Dari tiga algoritma perulangan tersebut dapat disimpulkan / digambarkan sebagai berikut :

macam - macam Algoritma Perulangan memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pemrosesannya. jadi untuk menggunakan algoritma perulangan yang tepat harus melihat dari kasus atau kebutuhan yang diperlukan

Referensi :

  1. Oracle Academy
  2. Rijalul Fikri, dkk (2005),  “Pemrograman Java”, Penerbit ANDI, Yogyakarta
  3. L.N. Harnaningrum (2009), "Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java", Graha Ilmu, Yogyakarta

Share dan Klik Salah Salah satu Iklan untuk Mensupport Website Ini :

Facebook instagram Twitter

Artikel Terkait

  • Java - Algoritma dan Pemrograman

    02 January 2019

    Algoritma menurut Daisma merupakan suatu langkah - langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu tugas dengan tersusun secara logis dan efisien dengan benar

  • Java - Flowchart ( Diagram Alir ) dan Pseudo Code

    09 January 2019

    Diagram Alir ( Flowchart ) adalah simbol – simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah pernyataan logika pemrograman serta aliran logika yang ditunjukkan dengan arah panah / Simbol – Simborl Ruang. Fungsi Diagram alir untuk menggambarkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah / suatu algoritma.

  • Java - Class Driver dan Class Objek

    16 January 2019

    Class Driver dan Class Objek memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum membahas mengenai class Driver dan Class Objek tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu class. Class merupakan salah satu konsep dari pemrograman beroientasi objek

  • Java - Tipe Data dan Variabel

    23 January 2019

    Apa itu tipe data dalam pemrograman?? Tipe Data merupakan jenis Data dari sebuah variabel yang dapat menentukan nilai data dari variabel tertentu dan operasi yang dapat dilakukan.

  • Java - Operator Dan String

    30 January 2019

    Operator dalam Pemrograman digunakan untuk melakukan pengolahan data yang melibatkan konstanta atau variabel yang telah ditentukan.

  • Java - Algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan )

    06 February 2019

    Dalam Pemrograman kita harus tahu mengenai algoritma Seleksi ( Struktur Keputusan ). Struktur keputusan adalah struktu algoritma yang memungkinkan melakukan statement ( pernyataan ) jika suatu kondisi terpenuhi. Jadi Struktur keputusan akan dieksekusi jika memenuhi suatu kondisi.

  • Java - Algoritma Perulangan

    13 February 2019

    Algoritma perulangan merupakan sebuah algoritma yang digunakan ketika ada statement yang harus dikerjakan sampai beberapa kali / bersifat berulang.

  • Java - Array

    20 February 2019

    Array adalah suatu struktur data yang terdiri dari sekumpulan data dimana data-data tersebut mempunyai tipe data yang sama.

  • Java - Error Handling

    27 February 2019

    Bagaimana cara menangani Error dalam pemrograman? Tentu harus mengetahui terlebih dahulu tipe – tipe error dalam pemrograman.

Kategori Artikel

Follow Us :