Apakah anda tahu Register dalam Sistem Digital itu seperti apa?

Register merupakan Sekelompok Unsur memory yang bekerja sebagai 1 kesatuan. Jadi Dalam Sistem digital diperlukan penyimpanan data sementara sebelum data diolah lebih lanjut. Salah Satu elemen Penyimpanan data tersebut adalah Flip Flop yang dimana setiap flip flop menyimpan sebuah bit data sehingga dapat menyimpan data n-bit. Dari hal tersebut diperlukan n buah flip flop yang disusun sedemikan rupa dalam bentuk register.

Jika dicontohkan bentuk register seperti berikut :

Gambar diatas merupakan Contoh Blok Diagram Register Memory 4 bit. Adapun Cara kerja atau metode pada register di sistem digital yang digunakan untuk menyimpan dan memindahkan data dari satu bagian ke bagian sistem lainnya.

Berdasarkan Jenis Metode input / outputnya register dibedakan menjadi 4 jenis yang meliputi :

    • Serial Input Serial Output ( SISO )
    • Serial Input Paralel Output ( SIPO )
    • Paralel Input Serial Output ( PISO )
    • Paralel Input Parallel Output ( PIPO )

Dari 4 Metode Tersebut disini akan dijelaskan masing – masing cara kerjanya. Sebelum menjelaskan 4 metode tersebut perlu dipahami mengenai definisi Serial dan Paralel dalam Sistem digital. 

Serial yang dimaksud disini adalah diaman Data Biner diperlakukan sebagai rangkaian Sequence yang dimana digit biner berurutan yang melewati satu baris data.

Sedangkan untuk Paralel yang dimaksud adalah Data biner yang diperlakukan sebagai satuan bit yang melewati banyak baris data. Dalam Gambar tentang Serial dan Paralel seperti gambar berikut :

Sudah Paham mengenai Konsep Serial dan Pararelel? Maka dari itu mulai Yang pertama pada metode Serial In Serial Out yang disingkat SISO.  

Serial In Serial Out ( SISO )

Metode Serial In Serial Out adalah metode yang datanya digeser secara serial In dan Out dari register dengan satu bit pada satu waktu. Berikut Gambar Contoh Metode Serial In Serial Out ( SISO ) pada Sistem Digital :

Serial In Parallel Out ( SIPO )

Metode Serial In Paralel Out adalah metode yang datanya dimuat dengan data serial sedikit – demi sedikit dengan data yang disimpan tersedia pada output dalam bentuk paralel. Berikut Gambar Contoh Metode Serial In Parallel Out ( SIPO ) pada Sistem Digital :

Parellel In Serial Out ( PISO )

Metode Parallel In Serial Out ( PISO ) adalah metode yang datanya dimuat ke dalam register secara bersamaan dan digeser keluar dari register secara satu per satu. Berikut Gambar Contoh Metode Paralel In Serial Out ( PISO ) pada Register :

Parallel in Parallel Out ( PIPO )

Metode Parallel In Parallel Out ( PIPO ) adalah Metode yang dimuat secara bersamaan ke dalam register dan ditransfer bersama ke output masing- masing dengan pulse clock yang sama.Berikut Gambar Contoh Metode Paralel In Parallel Out ( PIPO ) pada Register :

Selain 4 Metode Register Tersebut ada Salah satu Proses yaitu Shift Register. Shift Register adalah Proses Register yang dapat melakukan pergeseran ( shifting ) data biner yang disimpan ke arah tertentu.

Shift Register ini dibuat dengan beberapa flip flop yang disusun berurutan. Berikut Gambar Proses Shift Register :

Demikian pembahasan mengenai Register berserta definisi Serial dan Paralel pada Sistem Digital, Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Tocci, Ronald J., Digital System : Principles and Applications, 7/ed, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1991
  2. M. Morris Mano, Digital Design, Prentice – Hall
  3. Sumarna, Elektronika Digital : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006.
  4. Kleitz, William, Digital Electronics : A Practical Approach, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1996.
  5. Greenfield, Joseph D., Practical Digital Design Using ICs, 2/ed, Regents/Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1994